10 Manfaat lemon untuk wajah & cara memakainya

10 Manfaat lemon untuk wajah & cara memakainya

Brilio. net kacau Wajah sehat dan cantik adalah dambaan bagi semua orang. Wajah cantik itu identik bersih dan sehat. Terhindar dari segala macam masalah seperti jerawat, minyak berlebih, kotoran membandel, dan jenis masalah lainnya. Untuk memperoleh wajah cantik kamu bisa mengambil berbagai langkah.

Kalau kamu tidak mau menggunakan bahan-bahan kimia, banyak bahan alami yang dikemas dengan khasiat penyembuhan. Salah satunya adalah jeruk lemon. Buah dengan satu kaya akan antibakteri & anti-inflamasi, membantu merawat dan menyimpan kulit dari bakteri jahat. Jeruk lemon mengandung asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B5, B3, B1, B2, C, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi.

Selain alami dan mudah-mudahan didapat, cara membuat bahan pembelaan dari lemon ini sangat gampang dan praktis. Kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Tetapi objek alami pun dapat memiliki efek samping, jika pemakaiannya kurang langsung. Hanya karena sesuatu itu alamiah, bukan berarti itu tidak sanggup membahayakan wajah. Apalagi wajah ialah salah satu area kulit sensitif.

Agar terhindar dari efek samping, kamu harus cakap jenis kulitmu terlebih dulu. Kemudian jangan mencoba untuk mengaplikasikan pingai alami ke wajah. Padukan atau campur lemon dengan bahan lain seperti madu misalnya. Dilansir lantaran healthline, madu dan lemon ialah bahan alami populer yang normal ditemukan di berbagai produk kebaikan dan kesehatan. Madu juga bisa membantu menetralisir kulit sensitif, biar terhindar dari iritasi.

Nah, apa saja sih kebaikan lemon untuk wajah dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut brilio. net rangkumkan ulasan lengkapnya dari berbagai sumber pada Selasa (14/7).

1. Pelembap.

foto: freepik. com

Lemon memiliki perangai antibakteri yang kuat. Sifat tersebut sangat cocok digunakan sebagai pelembap wajah. Caranya, campur beberapa titik air kelapa dengan beberapa titik jus lemon. Kelapa berfungsi melembapkan kulit, sedangkan lemon akan menyapu dan mencerahkannya.

Jika kamu punya kulit terbuka, lakukan uji coba pada kulit lainnya. Misalnya tempelkan pada periode kulit tangan terlebih dulu.

Loading…

2. Menghilangkan komedo.

memotret: freepik. com

Mungkin belum banyak yang tahu kalau lemon serupa dapat membantu merawat atau menghilangkan komedo. Kandungan asam sitrat di lemon berbentuk alami asam alfa hidroksi (AHA).

Cara penggunaannya, bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian gosokkan irisan pingai yang dicampur madu. Usapkan pada bagian wajah yang sering menonjol komedo. Biasanya ada pada zona T wajah. Rasakan sensasi perut AHA saat melakukan pembersihan liang renik wajahmu.

3. Pembersih wajah.

foto: freepik. com

Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada pingai mampu membantu merawat wajah jadi lebih bersih. Bak alat makeup toner yang berharga mahal, awak bisa membuat pembersih sendiri cukup dengan bahan dasar lemon.

Caranya, campurkan beberapa tetes minyak esensial, lemon, serta pohon teh sekitar per-enam ons air. Celupkan kapas bersih secara campuran lemon tadi. Oles di dalam bagian wajah yang diinginkan.

 

4. Mencerahkan wajah.

foto: freepik. com

Lemon kaya bakal vitamin C dan asam sitrat, sehingga dapat membantu mencerahkan dan mencerahkan kulit saat digunakan berbarengan waktu. Vitamin C adalah antioksidan yang bagus untuk menetralkan pelampau bebas dan meningkatkan produksi kolagen. Itu berarti dapat membantu menggali bintik-bintik gelap.

Caranya, oleskan SPF (Sun Protection Factor) pada wajah. Campur jus lemon dengan madu, celupkan kapas terang. Oleskan kapas basah pada paras.

5. Menghilangkan minyak berlebih.

foto: freepik. com

Asam sitrat di dalam jus lemon beroperasi sebagai zat alami. Zat tersebut mampu menahan dan membersihkan paras dari minyak. Caranya mudah, tambahkan beberapa tetes jus lemon serta madu ke kapas. Kemudian belai ke wajah yang sudah dibersihkan.

enam. Scrub bibir.

foto: freepik. com

Lemon tidak cuma bisa dipakai pada area paras saja, tapi juga bagian lambe. Caranya, campurkan sedikit jus pingai dengan gula merah untuk membina scrub bibir sendiri. AHA dalam jus lemon akan bekerja sebagai exfoliator kimia, berfungsi melonggarkan sel-sel kulit mati. Sementara gula berjalan sebagai exfoliator fisik untuk mengelupaskannya.

Dengan catatan, cara ini tidak disarankan jika bibirmu sedang iritasi atau mengalami perkara. Konsultasikan ke dokter ahlinya terlebih dulu sebelum memakai lemon untuk scrub bibir. Dilansir dari womenshealthmag, “jelas, jika bibir kamu sudah pecah-pecah parah, jangan coba-coba, ” kata Gary Goldfaden, MD, seorang dokter kulit.

7. Perawatan jerawat.

foto: freepik. com

Buah lemon sangat ampuh untuk merawat & menghilangkan bekas jerawat. Ambil satu buah lemon, peras airnya cerai-berai campurkan dengan air. Oleskan tepat pada bagian yang berjerawat. Kamu bisa menggunakan kapas atau cotton bud. Kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah kering, bilas wajah dengan air bersih.

Selain dioleskan pada wajah, kamu bisa meminum perasan satu pingai yang sudah dicampur dengan 3 gelas air. Air lemon ini dapat membersihkan wajah dari di dalam. Lakukan secara rutin supaya jerawat dan bekasnya cepat hilang.

8. Mengatasi penuaan dini.

foto: freepik. com

Lemon dipercaya dapat menyalahi masalah penuaan dini. Seperti keriput, pigmentasi, dan bercak hitam di wajah. Kandungan vitamin C di lemon bersifat antioksidan, akan menangkal radikal bebas dan membentuk organ kulit wajah baru.

Lemon juga dapat merangsang peningkatan produksi kolagen kulit. Caranya, campur lemon dengan air ataupun madu secukupnya. Oleskan pada wajah.

9. Anti-bakteri.

foto: freepik. com

Setiap hari kulit bagian sungguh rentan akan kotoran dan pencemaran udara. Kuman dan bakteri gampang masuk ke pori-pori wajah. Untuk menghilangkan dan merawat wajah dibanding bakteri, kamu bisa menggunakan perasaan jeruk lemon.

Kandungan polifenol pada lemon sanggup menjadi antioksidan dan antibakteri. Lulus pakai satu perasaan lemon patokan kecil, campur dengan minyak esensial. Kemudian aplikasikan pada wajah.

10. Memutihkan wajah.

foto: freepik. com

Lemon dapat membantu memutihkan paras secara alami. Kandungan asam sitratnya berfungsi sebagai komponen pemutihan alamiah. Caranya, campurkan dua sendok makan air perasan lemon dengan 3 sdm air putih. Aduk licin lalu oleskan ke seluruh paras dan leher. Diamkan selama 30 menit. Setelah kering, cuci bersih wajah dengan air dingin. Buat kamu yang punya wajah terbuka, tambahkan madu ke dalam campuran lemon tadi.

Related News

Location | Posted in Data