Brilio. net : Di Indonesia terdapat beberapa jenis kacang-kacangan. Salah satu kacang yang sering dikonsumsi dengan masyarakat adalah kacang hijau (Vigna Radiata).

Kacang hijau telah dibudidayakan sejak zaman dulu. Meskipun berasal dari India, kacang hijau kemudian menyebar ke China serta berbagai wilayah Asia Tenggara, salah satunya di Indonesia.

Biasanya kacang hijau diolah menjadi bubur, ataupun jus kacang hijau. Beberapa perusahaan juga memproduksi minuman kemasan dari kacang hijau.

Selain enak, kacang berukuran kecil ini mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Dalam satu cangkir (7 ons atau 202 gram) kacang hijau rebus mengandung kalori, lemak, protein, karbohidrat, serat, folat, mangan, magnesium, vitamin B1, fosfor, zat besi, k (symbol), dan masih banyak kandungan nutrisi lainnya.


Kacang ini adalah salah satu sumber proteins nabati terbaik. Kaya akan asam amino esensial, seperti fenilalanin, leusin, isoleusin, valin, lisin, arginin lalu banyak lagi.

Loading…


Berikut 10 manfaat kacang hijau untuk kesehatan, dirangkum brilio. net dari healthline. com dan stylecraze. com pada Kamis (1/10)

1. Mengurangi risiko penyakit kronis.

foto: freepik. com

Kacang hijau mengandung melimpah antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, dan asam cinnamic. Antioksidan membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Dalam jumlah yang tinggi, radikal bebas dapat berinteraksi oleh komponen seluler dan menimbulkan kerusakan. Kerusakan ini terkait dengan peradangan kronis, penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya.

Studi tabung reaksi telah menemukan bahwa antioksidan dari kacang hijau dapat menetralkan kerusakan radikal bebas yang terkait dengan pertumbuhan kanker di sel paru-paru dan perut.

2. Mencegah inflamasi.

foto: freepik. com

Di banyak negara Asia, sup kacang hijau biasa dikonsumsi pada hari-hari musim panas. Hal terkait karena kacang hijau dipercaya mempunyai sifat antiinflamasi yang membantu melindungi dari serangan panas, suhu tubuh yang tinggi, rasa haus dan banyak lagi.

Kacang hijau juga mengandung antioksidan vitexin dan isovitexin. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa antioksidan dalam sup kacang hijau ini tiada lain dapat membantu melindungi sel dari cedera akibat radikal bebas yang terbentuk selama serangan cuaca panas.

3. Dapat menurunkan kadar kolesterol.

foto: freepik. com

Kolesterol tinggi, terutama kolesterol LDL jahat, dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang hijau mempunyai khasiat yang dapat menurunkan kolesterol LDL.

Misalnya, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau meraih menurunkan kolesterol LDL darah dan melindungi partikel LDL dari interaksi dengan radikal bebas yang tidak stabil.

Selain itu, tinjauan terhadap 26 penelitian menemukan bahwa makan satu porsi harian (sekitar 130 gram) kacang-kacangan, seperti kacang-kacangan, secara signifikan menurunkan kadar kolesterol LDL darah.

Analisis lain dari 10 penelitian menunjukkan bahwa makanan yang banyak mengandung kacang-kacangan (tidak termasuk kedelai) dapat menurunkan kadar kolesterol LDL darah sekitar 5% pada manusia.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi.

foto: freepik. possuindo

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung. Selain itu, penyakit ini juga termasuk penyebab utama kematian di dunia.

Kacang hijau dapat membantu menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan kacang hijau adalah sumber potasium, magnesium, serta serat yang baik.

Penelitian telah mengaitkan masing-masing nutrisi ini dengan risiko tekanan darah tinggi yang secara signifikan lebih rendah. Selain itu, analisis terhadap delapan penelitian menunjukkan bahwa asupan kacang-kacangan yang lebih tinggi dapat menurunkan tekanan darah.

5. Membantu kesehatan pencernaan.

foto: freepik. com

Kacang hijau mengandung seluruh macam nutrisi yang bagus buat kesehatan pencernaan. Kacang hijau memiliki serat sebanyak 15, 4 gram per cangkir.

Secara khusus, kacang hijau mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Pektin dapat membantu menjaga usus agar tetap teratur oleh mempercepat pergerakan makanan melalui gepflogenheit.

Kacang hijau mengandung pati resisten. Pati resisten bekerja serupa dengan serat larut, karena membantu memberi makan bakteri usus yang sehat. Bakteri kemudian mencernanya dan mengubahnya menjadi asam lemak rantai pendek – butirat.

Studi menunjukkan bahwa butirat meningkatkan kesehatan pencernaan dalam banyak hal. Misalnya, meraih memberi makan sel-sel usus besar, meningkatkan pertahanan kekebalan usus serta bahkan menurunkan risiko kanker usus besar.

6. Menurunkan kadar gula darah.

foto: freepik. com

Kacang hijau memiliki beberapa khasiat yang membantu menjaga kadar gula darah tetap rendah. Kacang hijau dikenal kaya serat dan protein, yang membantu memperlambat pelepasan gula ke dalam aliran darah.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa antioksidan kacang hijau, mengandung vitexin dan isovitexin dapat menurunkan kadar gula darah dan membantu insulin bekerja lebih efektif.

7. Dapat menurunkan berat badan.

foto: freepik. com

Kacang hijau kaya maka akan serat dan protein yang dapat membantu menurunkan berat badan. Penelitian telah menunjukkan bahwa serat lalu protein dapat menekan hormon kelaparan, seperti ghrelin.

Penelitian juga menambahkan, telah menemukan bahwa nutrisi tersebut dapat menarik pelepasan hormon yang membuat seseorang merasa kenyang seperti peptida YY, GLP-1 dan cholecystokinin. Dengan menahan nafsu makan, kacang hijau dapat membantu memangkas asupan kalori seseorang, sekaligus membantu menurunkan berat badan.

8. Menjaga kesehatan kehamilan.

foto: freepik. com

Wanita disarankan untuk makan banyak makanan kaya folat selama kehamilan, karena folat sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan optimum anak. Namun, kebanyakan wanita bukan mendapatkan cukup folat, yang dikaitkan dengan risiko cacat lahir yang lebih tinggi.

Kacang hijau menyediakan 80% RDI untuk folat dalam satu cangkir matang. Selain itu, kacang hijau juga tinggi zat besi, proteins, dan serat, yang dibutuhkan wanita lebih banyak selama kehamilan.

9. Memiliki efek antimikroba.

foto: freepik. com

Polifenol yang diekstrak dari kacang hijau memiliki aktivitas antibakteri dan antijamur. Protein biji kacang hijau, seperti mungin, membunuh berbagai jamur seperti Fusarium solani, Fusarium oxysporum, Coprinus comatus, dan Botrytis cinerea.

Strain bakteri tertentu, termasuk Staphylococcus aureus lalu Helicobacter pylori, juga ditemukan rentan terhadap protein ini. Enzim kacang hijau dapat memecah dinding sel mikroba dan mencegahnya tinggal di usus, limpa, dan organ important.

10. Makanan sehat untuk diet.

foto: freepik. com

Kacang hijau adalah makanan sehat yang dapat dimasukkan ke dalam menu dietmu. Kacang hijau dapat digunakan sebagai pengganti sebagian besar kacang-kacangan lainnya di dalam hidangan seperti kari, salad, dan sup.

Buat memasaknya, cukup rebus kacang hingga empuk sekitar 20-30 menit. Sebagai alternatif, mereka bisa dikukus di dalam panci presto selama kurang lebih 5 menit.

Dengan kacang hijau yang mempunyai manfaat menjaga kesehatan pencernaan dan sebagai makanan penahan lapar, ini bagus untuk menunjang dietmu.

Recommended By Editor