Brilio. net – Bagi kamu yang rajin memasak, gelatin bukanlah suatu yang asing lagi. Yap, jika kamu suka membuat puding atau hidangan penutup lainnya, kamu pasti memakai gelatin. Biasanya tersedia dalam bentuk bubuk, bahan masakan ini berguna untuk menghasilkan tekstur yang kenyal dan cukup padat.

Untuk kamu yang masih asing secara gelatin, apa sih itu gelatin? Gelatin terbuat dari kolagen dengan didapat dari kulit, tulang, dan jaringan ikat hewan. Bahan itu dibuat dengan cara mengukus terampil hewan, tulang lunak, dan kulit untuk mengekstrak kandungan kolagen. Kolagen dimasak dan di-ekstrak menjadi wujud bubuk gelatin.

Gelatin yang di-ekstraksi selama metode ini tidak berasa dan tak berwarna. Gelatin akan larut pada air panas dan akan memanifestasikan tekstur seperti jeli ketika tebal telinga. Gelatin sangat tinggi asam amino yang baik untuk kesehatan.

Nah kira-kira apa saja sih manfaat gelatin untuk kesehatan? Berikut brilio. net rangkum lantaran berbagai sumber, Senin (7/9).


1. Bantu menurunkan berat badan.

Loading…


foto: freepik. com

Gelatin merupakan sumber protein yang tidak mengandung lemak. Kalau kamu mengonsumsi maka akan sampai protein harian yang sehat untuk tubuh. Protein membantu orang merasa kenyang dan mencegah makan berlebihan.

Gelatin terhindar lemak dan karbohidrat tergantung jalan mengolahnya. Ini membuatnya sangat aib kalori. Untuk bisa mendapatkan laba ini, pastikan untuk memilih sumber gelatin yang sehat dan hina gula.

2. Bantu atasi nyeri asas.

memotret: freepik. com

Sejak lama kolagen dipercaya bisa mengatasi nyeri sendi. Kolagen membantu menjaga integritas tulang mengibakan yang merupakan jaringan seperti longgar yang melindungi persendian.

Nah kolagen dalam gelatin dapat mengatasi nyeri sendi. Gelatin juga banyak digunakan dalam pengobatan osteoarthritis atau pengapuran tulang.

3. Mengatasi insomnia.

foto: freepik. com

Gelatin memiliki masam amino, salah satu manfaat daripada kandungan itu adalah bisa memajukan kualitas tidur seseorang. Salah satu kandungan asam amino utama pada gelatin adalah glycine. Kandungan tersebut benar-benar ampuh dalam mengatasi insomnia.

4. Menjaga sistem pencernaan.

foto: freepik. com

Manfaat gelatin yang sangat penting merupakan menjaga sistem pencernaan. Seperti yang diketahui, ini merupakan hal yang cukup penting dijaga kesehatannya, hendak banyak masalah lainnya yang menonjol jika pencernaan tidak bekerja dengan baik.

Kandungan glycine dalam gelatin memiliki efek antiinflamasi dan dapat menurunkan peradangan pada saluran pencernaan. Tak hanya tersebut saja, gelatin juga mampu untuk menormalkan kadar asam lambung sehingga penyerapan protein dan nutrisi lainnya bekerja dengan normal.

5. Meningkatkan sistem imun.

foto: freepik. com

Tidak hanya bisa menjaga sistem pencernaan supaya bisa bekerja dengan baik sekadar, namun juga gelatin juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Bentuk imunitas ternyata sangat dipengaruhi oleh sistem pencernaan. Hampir 80 tip sel imunitas bekerja dengan efektif dalam sistem pencernaan.

6. Kontrol gula darah.

foto: freepik. com

Asam amino glisin yang terdapat dalam gelatin, bisa membantu mengontrol gula darah dalam diabetes tipe 2. Glisin sanggup membantu mencegah komplikasi, seperti kerusakan jaringan.

Tetapi, beberapa produk berbasis gelatin, kaya permen, memiliki kandungan gula dengan tinggi. Hindari produk gelatin secara gula untuk mendapatkan manfaatnya.

7. Sehatkan otak dan mental.

foto: freepik. com

Gelatin sangat kaya akan glisin, kandungan itu sangat erat kaitannya dengan fungsi otak. Glisin dapat dengan signifikan meningkatkan memori dan arah perhatian tertentu.

Glisin adalah satu diantara asam amino yang telah dipelajari sebagai perawatan untuk skizofrenia. Suplemen glisin sudah terbukti mengurangi beberapa gejala skizofrenia.

8. Sehatkan kulit.

foto: freepik. com

Kolagen serupa dikenal sebagai bahan yang bisa menyehatkan kulit. Kolagen adalah komponen utama kulit. Kolagen berfungsi menguatkan kulit dan meningkatkan elastisitas & hidrasi. Kolagen memberikan kulit tampak lebih halus dan mengalami pemudaan kulit, sehingga terlihat lebih awet muda.

Menggunakan kolagen akan meningkatkan kelembaban paras dan mengurangi kerutan. Gelatin bisa menjadi cara alami untuk memajukan kolagen dan memperbaiki penampilan kulit. Gelatin bisa digunakan dalam wujud masker atau dikonsumsi dalam wujud suplemen.

9. Mempercepat penyembuhan luka.

foto: freepik. com

Protein merupakan salah satu zat yang paling penting, hal ini dikarenakan protein dapat membantu penyembuhan luka dengan cepat. Dalam gelatin ada glisin yang sangat baik pada mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat pembentukan kulit baru.

10. Sehatkan rambut.

foto: freepik. com

Struktur rambut berisi dari 97% protein. Jika rambut kekurangan asupan protein dapat menjadikan rambut rontok dan rusak. Mengonsumsi gelatin dapat meningkatkan ketebalan & pertumbuhan rambut.

Recommended By Editor